PELATIHAN PENULISAN TUGAS AKHIR 2016


Haii para elmekers yang lagi berjuang demi masa depan yang lebih baik. Hayyoo masih pada semangat kan? Walaupun laporan silih berganti menuntut untuk diselesaikan.

Beberapa minggu yang lalu kami membahas tentang acara EMC Sehat, kali ini kami akan membahas tentang bagaimana jalannya acara yang telah diadakan pada tanggal 1 Mei 2016 dengan tema Pelatihan Penulisan Tugas Akhir. Acara tersebut bertempat di Auditorium STTN-BATAN yang dimulai dari pukul 07.30-selesai.

Acara pelatihan seperti ini merupakan proker tahunan EMC yang rutin diadakan. Dikarenakan dengan adanya proker seperti ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa di STTN-BATAN, khususnya.

Pada workshop Pelatihan Penulisan Tugas Akhir diadakan karena memiliki fungsi yaitu :
         Mempersiapkan lebih dini tentang pelaksanaan tugas akhir
         Membantu mempersiapkan penyusunan proposal tugas akhir
         Mengoptimalkan pelaksanaan dan pengerjaan tugas akhir yang merupakan syarat kelulusan.

Pelatihan ini sangat bermanfaat, mengingat sangat diperlukan bagi mahasiswa pada semester 8 yang sedang mengerjakan Tugas Akhir dan mahasiswa semester 6 yang satu tahun lagi akan mulai menhadapi Tugas Akhir. Namun, jangan khawatir bagi mahasiswa yang belum memasuki jenjang penulisan Tugas Akhir, mereka tetap bisa mengikuti pelatihan ini, karena dengan begitu mereka bisa mendapatkan gambaran untuk menyelesaikan Tugas Akhir yang merupakan syarat yang harus ditempuh untuk bisa lulus di perguruan tinggi.

Pada workshop Pelatihan Penulisan Tugas Akhir yang memiliki tujuan :
         Kompetensi Dasar
Mengetahui tentang tata penulisan karya ilmiah mahasiswa
         Indikator Keberhasilan
Mampu menjelaskan bagian-bagian dari proposal dan laporan tugas akhir
Mampu menjelaskan fungsi dari bagian proposal dan laporan tugas akhir

Besar partisipasi mahasiswa dari STTN-BATAN yang mengikuti pelatihan tersebut dikarenakan peserta bukan hanya dari prodi Elektromekanik tetapi ada juga dari prodi Elektronika Instrumentasi dan Teknokimia Nuklir.

Pada awal acara, peserta dipersilahkan untuk berdoa demi kelancaran acara tersebut, kemudian peserta di mohon untuk berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pimpin oleh salah satu panitia acara.
                         
Menyanyikan Indonesia Raya

Pada photo diatas tampak Pak Muhtadan sebagai pemateri pada workshop Pelatihan Penulisan Tugas Akhir, beliau merupakan salah satu dosen STTN-BATAN, disebelahnya merupakan Ketua EMC 2016 Dany Arkan dan Ketua Pelaksana Pelatihan Penulisan Tugas Akhir Ravendianto. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua EMC 2016 Dany Arkan dan Puket III bidang Kemahasiswaan Ir. Dwi Priyantoro, M.si.
      
Sambutan Ketua EMC 2016
Sambutan dari Puket III
Setelah sambutan selesai acara berlanjut ke acara utama yaitu pemaparan materi Pelatihan Penulisan Tugas Akhir yang diisi oleh pemateri Pak Muhtadan. Materi secara garis besar berisi tentang cara menulis Tugas Akhir, lalu apa saja yang dibutuhkan dan diperhatikan saat menulis Tugas Akhir, kendala-kendala dalam penulisan Tugas Akhir, serta solusi dan tips dalam menulis Tugas Akhir. Namun, ada beberapa materi spesifik yang dibutuhkan oleh mahasiswa STTN-BATAN dalam menulis Tugas Akhir, seperti alur penulisan Tugas Akhir yang berlaku di STTN-BATAN, format penulisan proposal Tugas Akhir dan laporan Tugas Akhir yang berlaku di STTN-BATAN dan lain-lain.
Pengisian materi
Peserta Pelatihan Penulisan Tugas Akhir 2016
Para peserta cukup antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan  dengan seksama. Setelah penyampaian materi selesai, dibuka sesi tanya jawab. Terdapat beberapa peserta yang ingin bertanya pada sesi tersebut, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sangat beragam, sesuai dengan rasa ingin tahu peserta. Kebanyakan yang bertanya merupakan mahasiswa semester atas, diakarenakan mungkin mereka lebih paham dengan apa yang telah dijelaskan oleh pemateri. Berikut adalah wajah-wajah yang mendapat kesempatan untuk bertanya.

Penanya 1
Penanya 2
Penanya 3
Pada sesi berikutnya, merupakan sesi yang ditunggu-tunggu. Apakah itu? Yap, betul sekali, sesi berikutnya merupakan pembagian doorprize. Namun, tidak gampang untuk mendapatkan doorprize, saat ini gantian pembawa acara yang menanyakan kepada para peserta dan yang bisa menjawab akan mendapatkan doorprize menarik dari panitia. Banyak dari para peserta sangat antusias menjawab pertanyaan. Namun, hanya orang yang cepat dalam menunjuk jari dan menjawab dengan tepat lah yang berhasil membawa pulang doorprize. Oiya, doorprize juga diberikan kepada orang yang beruntung, dimana dibawah kursi tempat duduknya ditandai oleh panitia dengan kertas. Ini lah orang-orang yang beruntung.




Sampailah kami pada acara terakhir dan juga penutup, yaitu pemberian plakat dari pelaksana Pelatihan Penulisan Tugas Akhir kepada Pak Muhtadan selaku pengisi materi. Itulah rentetan acara yang telah diadakan oleh EMC, terima kasih buat segenap panitia acara Pelatihan Penulisan Tugas Akhir 2016 yang sudah mengadakan acara yang sangat bermanfaat ini. Tak lupa terima kasih juga bagi peserta yang telah datang di acara ini.
 
Pemberian Plakat

Oke sekian dari kami dan sampai jumpa di postingan-postingan selanjutnyaa, tetap terus pantengin blog kami yaa… Jangan ada yang ketinggalan! Pokoknya, ELMEK, JAYA!!! 

Panitia Pelatihan Penulisan Tugas Akhir 2016



-infokomEMC-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages