Kunjungan Laboratorium Prodi Elektromekanik



Pekan orientasi siswa terpadu (poster) 2016 telah berakhir. Berbagai rangkaian acara elelahkan, menegangkan, dan seru baru saja dilewati. Jadi bisa nyantai dong Haha. Iya, santai sih santai, tapi lebih baik kalau waktu santai kita diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Nah disini kakak-kakak dan abang-abang dari hima EMC mengadakan acara yang notabene-nya bermanfaat buat para mahasiswa baru. Saat mahasiswa baru yang lain asyik dirumah, nonton tv, tidur, main Hp, tetapi anak Elektromekanik berangkat ke kampus buat pengenalan laboratorium elektromekanik. Dipandu oleh kakak dan abang yang kece, dijelasin apa-apa aja yang ada dilaboratorium. Gilak, kurang keren apa lagi anak-anak elmek?
Laboratorium Elmek yang pertama adalah laboratorium Radiografi. Didalam laboratorium ini kita bisa membuat loading film dan juga mngetahui kecacatan pengelasan atau cacat benda. Cara loading film ini yan butuh ketelitian. Pasalnya kita harus membuatnya dalam kondisi lampu mati. Mengapa harus mati lampunya, karena apabila film terkena sedikit saja cahaya, filmnya bisa terbakar. Maksud terbakar disini itu film gak bisa digunakan lagi.
Laboratorium selanjutnya adalah bengkel mekanik. Tempat ini elmek banget guys! Hanya cowo macho dan cewek kece yang pantas disini. Bengkel mekanik ini berisi berbagai mesin-mesin yang harus dipahami. Misalnya aja mesin bubut, mesin frais, las listrik, dan lain-lain. Ada alat yang dioperasikan secara manual, ada juga dengan menggunakan program. Anak elmek yang kepengen jadi mechanical engineering harus bisa menguasai alat-alat disini. Tapi jangan takut, selama kita berhati-hati dengan alat-alat disini serta mengikuti prosedur kerja, dijamin bakal aman. Apalagi ditempat ini kita juga bisa minta diajarin kakak tingkat yang kece banget!! Elmek gitulohh ...
Laboratorium yang ketiga adalah laboratorium X-Ray. Namanya aja X-Ray berarti daerah ini daerah radiasi. Laboratorium ini biasa digunakan untuk mengetahui cacat logam. Tidak sembarang orang yang bisa masuk kesini. Hanya anak-anak elmek yang super keren yang bisa beroperasi disini hahaha. Elmek Jaya!!
Selanjutnya ada yang namanya laboratorium Gambar Teknik. Iya coy, jadi anak teknik juga menggambar lah, tapi gak sembarang gambar loh. Ketebalan pensil berpengaruh pada hasil gambar, makanya disini ada kertas khusus dan juga pensil khusus. Ada juga program yang namanya autocad. Nah hima Emc dengan sukarela mau mengajari adik-adiknya bagaimana mengoperasikan autocad ini. Baik kan? Iyadong, namanya juga EMC, korsa men..
Laboratorium berikutnya aalah laboratorium mekatronika dan elektronika. Nah ini laboratorium buat anak-anak kece. Di laboratorium ini kita disajikan berbagai rangkaian yang keren. Buat pecinta robotik harus masuk sini deh!
Kemudian ada laboratorium listrik. Nah ini tempat yang banyak disukai. Laboratorium ini menyediakan berbagai fasilitas kelistrikan, baik listrik AC maupun DC. Wah kalau masuk disini rasanya tuh gimana gituu. Intinya gak mau buru-buru keluar lah sebelum kesetrum. Hahaaa
Laboratorium instrumentasi nuklir menjadi akhir kunjungan yang menarik. Ditempat ini terdapat berbagai macam detektor radiasi. Jadi kalau masuk ke tempat ini gak main-main sama radiasi wah rugi berat deh. Tenang aja radiasinya kecil kok, gak bahaya lah.

Nah itu tadi laboratorium milik anak elmek. Keren kan? Iyalah, kami anak elmek emang keren! Tertarik? Makanya masuk elmek STTN. Salam elmek! Elmek, jayaaaaaaa!!




Photo Gallery





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages