EMC Ramadhan 2019




Dari Jalanan Hingga Panti Asuhan


EMC Ramadhan adalah serangkaian acara yag merupakan program kerja dari Divisi Internal Himpunan Mahasiswa Elektro Mekanika. Acara ini terdiri dari Sahur on The Road, Buka Bersama dan Halal Bihalal. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juni dan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi keluarga Himpunan Mahasiswa Elektro Mekanika, membubuhkan rasa peduli antar sesama manusia, serta memanfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Acara pertama adalah Sahur on The Road yang dilaksanakan pada hari Jum’at (17/05/19). Acara ini dimulai dengan berkumpulnya peserta yang terdiri dari Mahasiswa Elektro Mekanika angkatan 2015, 2016, 2017, 2018 di Auditorium STTN-BATAN pukul 21.00 WIB. Pada pukul 01.00 WIB tanggal 18 Mei 2019, acara dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan sepeda motor menuju ke Alun-alun Utara. Selama perjalanan tersebut para peserta membagikan makan sahur sebanyak 50 bungkus kepada orang-orang yang membutuhkan di pinggir jalan.Saat sampai di Alun-alun Utara, diawali dengan bincang-bincang antar mahasiswa dan alumni untuk sharing dan berbagi pemikiran untuk kemajuan HIMA Elektro Mekanika, lalu pukul 02.30 WIB semua mahasiswa mulai menikmati makan sahur.
Acara kedua adalah Buka Bersama yang diadakan di Panti Asuhan Bina Siwi, Bantul. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Elektro Mekanika dan 50 anak dari panti asuhan Bina Siwi. Dimulai dengan pertunjukkan yang dibawakan oleh anak-anak dari panti asuhan Bina Siwi untuk menghibur dan menyambut Mahasiswa Elektro Mekanika. Saat adzan berkumandang seluruh peserta menikmati hidangan buka puasa yang disediakan lalu bersiap untuk shalat magrib berjamaah. Setelah itu seluruh peserta foto bersama untuk mengabadikan momen tersebut.
Acara terakhir yaitu Halal Bihalal yang diadakan di Auditorium STTN-BATAN. Persiapan dimulai dari jam 3 sore, dan para peserta mulai berdatangan pada jam 4 sore. Cukup banyak peserta yang datang karena dilaksanakan ditengah-tengan ujian akhir semester.
Selain mahasiswa, acara ini juga dihadiri dosen yaitu Bapak Suroso, Bapak Haerul Ahmadi dan Bapak Budi. Acara diawali dengan ceramah yang disampaikan oleh Bapak Suroso dan mengangkat tema fitrah. Seluruh peserta mendengarkan dengan seksama ditemani dengan minuman dan jajanan ringan. Saat magrib tiba, seluruh peserta melakukan shalat magrib berjamaah di masjid BATAN.
Seusai shalat, peserta masuk kembali ke Auditorium untuk makan bersama. Menu yang disediakan adalah nasi uduk, menu sederhana namun istimewa jika dimakan bersama-sama. Dengan posisi memanjang membentuk 2 barisan, seluruh peserta dan panitia makan bersama sambil dihibur band dari Elmek 18. Beberapa peserta yang sudah selesai makan ikut serta menyumbangkan lagu. Acara ditutup pada jam 8 malam.

1 komentar:

  1. Bagus acaranya.. semoga dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Semoga sukses selalu hima EMC..

    BalasHapus

Pages